Apa itu eCatalog?


Hallo Infofocer’s sudah lama nih mimin tidak menulis di Blog ini, karena kesibukan dan banyaknya aktifitas sehingga blog ini lama tidak di update contentnya dan hari ini juga bisa update karena lumayan ada waktu senggang hehe semoga Blogers dan Pembaca blog ini semua tidak bosan-bosannya visit ke blog ini yahhh🙂 .

Kali ini Infofoc akan sedikit membahas tentang Pengadaan Barang & Jasa di Pemerintahan. Ada yang tau? Atau ada yang pernah ikut menjadi peserta lelang atau malah pernah kerja di salah satu yang menjadi Penyedia nya? Hehe

Untuk lebih jelasnya eCatalog/eKatalog adalah sebuah Aplikasi yang di develop oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Aplikasi ini berbasis Web dan bertujuan mempermudah KLDI (Kementrian Lembaga Daerah & Instansi) melakukan Pengadaan Barang & Jasa, yang tadinya setiap pengadaan dilakukan dilakukan secara lelang melalui pengumuman lelang yang ada di masing-masing LPSE di KLDI nya sekarang LKPP membuat semuanya menjadi terpusat yaitu dengan web eCatalog LKPP : https://e-katalog.lkpp.go.id/

ekat

Dari capture web eCatalog di atas sudah jelas terlihat kategori-kategori apa saja yang menjadi Komoditas untuk Pengadaan Barang seperti Alat Berat, Obat, atau Juga Online Shop.
Ada yang bertanya kenapa harus lewat eCatalog? Itu karena pada PERPRES (Peraturan Presiden) No.4 tahun 2015 itu mengharuskan semua pengadaan Barang/Jasa itu harus melalui ePurchasing atau eCatalog. Dan mulailah semua pemain-pemain lelang berbondong-bondong daftar ke LKPP meregistrasi Perusahaan mereka untuk menjadi Penyedia di salah satu kategori atau komoditas produk di web eCatalog.

Untuk Komoditas Online Shop itu adalah berisikan barang-barang kebutuhan IT seperti Komputer, server, Laptop, Printer dll. Untuk Penyedia dari kategori online shop ini adalah raksasa-raksasa eCommrce yang ada di Indonesia seperti http://www.bhinneka.com
, http://www.ayooklik.com dan bahkan Star-up kepunyaan Lippo Group yaitu http://www.mbiz.co.id/ juga menyambangi eCatalog sebagai penyedia.

Mimin punya teman di salah satu eCommerce yang menjadi Penyedia eCatalog di kategori online shop ini. Pada saat Web eCatalog ini launching kalau tidak salah di bulan Maret 2016 aplikasi ini sangat susah akses nya, dalam pemilihan produk, atau pengisian notifikasi ke pemesan juga sangat lamban dan loading yang cukup lama. Dan Pada Bulan Mei team IT eCatalog pun melakukan maintenance hingga aplikasi ini sudah running well dan sangat cepat akses dan respon nya. Ada segelintir pejabat ataupun staf pejabat yang akan memesan barang dari eCatalog ini yang email ke teman mimin tadi. Dia mengirimkan email kira-kira begini bunyinya : “ Apakah dari penyedia nanti sudah menyiapkan Dana Pos untuk tiap Barang yang sudah kami pesan melalui Penyedia? “ dan teman saya mengatakan ke saya Dana Pos itu berarti mereka ingin minta komisi atau lebih jelasnya adalah mereka minta di siapkan fee untuk setiap barang yang akan mereka pesan melalui ecatalog. Dan teman saya pun menjawab email orang tersebut “Pak mohon maaf kami tidak bisa mengeluarkan apapun untuk pembelian besar atau kecil dan justru aplikasi eCatalog ini adalah untuk mencegah hal-hal seperti yang Bapak sampaikan tadi”. Begitu jawabnya.

Jadi intinya Pengadaan Barang melalui eCatalog ini adalah aman, semua aktifitas ter-record di sistem dan sangat transparan dan dokumen juga tidak terlalu banyak seperti hal nya dokumen lelang dan para pejabat bisa tidur nyenyak karena para penyedia di ecatalog sudah kontrak payung dengan LKPP. Tidak ada lagi markup harga dan tidak ada lagi korupsi sana sini.

Asssiikkk mimin kali ini agak serius ya postingannya, gapapa deh ya sekali-sekali hehe
Semoga suka dengan postingan mimin kali ini ya.. Silahkan subscribe dan comment jika ada yang ingin dibahas. Thank You Infofocer’s🙂 .

About infofoc

its all about information
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s